Catatan Terbaru :
Home » , » Teman Yang Tidak Pernah Mengeluh

Teman Yang Tidak Pernah Mengeluh

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Jurnal / catatan / buku harian adalah teman terbaik yang tidak pernah mengeluh meski terus dicoret coret , dibuka dan ditutup , di jepit , di tindih , dibawa kesana kemari namun ia tidak pernah meminta balasan dan tetap memberikan bantuan dalam menjalani kehidupan.

Ada sejumlah alasan untuk membuat jurnal, selain dari fungsi utamanya sebagai bantuan untuk mengingatkan kita pada acara dan atau jadwal harian yang penting. Jurnal sangat diperlukan untuk dokumenter, motivasi, renungan, emosional, intelektual, kesehatan dan sejumlah alasan lainnya. Hampir semua kekhawatiran yang sedang berlangsung dalam hidup adalah sesuatu yang cukup penting untuk dimasukkan kedalam journal dan atau catatan.

Meskipun dorongan untuk memulai sebuah jurnal mungkin tidak tampak jelas bagi seseorang namun membuat journal dan membiasakan diri mencatat sesuatu akan menjadi kebiasaan seumur hidup lebih baik daripada hanya sekedar aktivitas menjemukan dan tidak bermanfaat. namun semuanya kembali kepada masing - masing orang karena tidak semua suka membuat catatan pun demikian tidak semua bisa membuat catatan serta tidak semua membutuhkan catatan dan harus membuat catatan.

Misal / contoh yang paling mudah dalam memulai membuat catatatan / journal adalah saat dimana anda mulai  untuk mendokumentasikan pertumbuhan bayi atau untuk mendapatkan motivasi untuk menurunkan berat badan, untuk menulis doa-doa anda, untuk memiliki tempat pembuangan emosional, untuk mengeksplorasi ide-ide intelektual atau penelitian, untuk melengkapi perawatan kesehatan, atau untuk beberapa alasan / tujuan yang lain.

Banyak dari kita memiliki teman baik, orang yang kita cintai dan sayangi yang bahkan kita rela untuk melakukan apapun untuknya. Tapi masih ada celah kecil antara saya dan teman saya dimana selalu ada waktu setelah semua terpisah, karena alasan kerja , karena waktu , dan sebab yang lainnya yang disaat itu anda dan seorang sahabat / teman tidak lagi bisa berada disamping anda untuk menamani dan jurnal anda adalah sesuatu yang sebenarnya lebih dekat dari teman, yang bisa melayani anda dalam meraih tujuan dengan cara yang seringkali mengejutkan dalam memberi manfaat bahkan melebihi seperti yang teman anda bisa lakukan.

Anda tidak harus menjelaskan semuanya dalam detail halus dan terperinci, namun lebih kepada catatan - catatan kecil yang akan memberikan anda sebuah memory atau ingatan kepada suatu kejadian , suatu pengetahuan dan atau kenangan baik suka maupun duka yang pada suatu saat nanti anda bisa membuka kembali catatan itu sembari mengenang nya dengan tertawa maupun dengan tetesan airmata.

Mungkin hari ini, anda menulis didalam jurnal tentang rasa sakit dan kegembiraan serta kemajuan anda. Minggu depan, anda kembali mencatat sesuatu yang entah itu sama dengan kondisi dan tempat yang berbeda , bulan depan anda bisa mencatat sesuatu yang baru dan atau aneh, yang suatu waktu anda bisa membuka kembali catatan itu dan memberikan anda sebuah inspirasi , jalan keluar , serta arah menuju kepada masa depan yang lebih baik dari sebelumnya.

Melihat ke belakang, memang bukanlah hal yang baik dan tidak terlalu baik untuk dikenang, namun dengan melihat kebelakang (masa lalu) anda dapat melihat bagaimana anda kemudian telah menjalani kehidupan hari demi hari dan minggu demi minggu, anda dapat melihat bahwa apakah ada kemajuan yang jelas dalam hidup atau justru kemunduran yang buruk. kemudian, anda dapat melihat bagaimana saat itu dengan mencoba  langkah demi langkah dalam kemajuan, memperbaiki setiap kesalahan dan menambah segala kekurangan sehingga disaat ini anda lebih memiliki sesuatu yang lebih baik dari apa yang telah anda lakukan sebelumnya.

journal dapat membantu untuk memulai membangun kesadaran kekuatan pribadi dalam berinteraksi dengan dunia di sekitar, membuka kesadaran pada kenyataan dan pasti membawa kepuasan yang lebih besar dan kedamaian pribadi. Semacam perasaan yang anda miliki setelah kunjungan sempurna dengan teman terdekat anda dan kemudian anda memiliki sebuah gambaran akan masa depan yang lebih jelas dan atau nasehat serta masukan yang mengarahkan anda kepada pemecahan sebuah masalah.

Jurnal adalah teman utama yang dapat diandalkan dan dipercaya dalam kehidupan anda, karena dengan journal anda bisa mengerti diri anda dan dimana anda berada pada saat - saat tertentu dengan sedikit banyak nantinya akan juga memberikan pengalaman pribadi dan sebuah solusi atas permasalahan yang sama yang mungkin akan terjadi pada kehidupan kita.

Tertarik untuk memulai sedari dini membuat jurnal...?
Cobalah......!
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Tatacara Shalat | Renungan Al Quran | Istighfar
Copyright © 2011. Diary - All Rights Reserved
Template Modify by Terjemah Al Quran
Proudly powered by Blogger