Catatan Terbaru :
Home » , » The Special One

The Special One

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Jose Mourinho atau yang biasa dikenal dengan julukan "The Special One" memiliki nama asli Jose Mario dos Santos Mourinho Felix, pria kelahiran Setubal, Portugal pada tanggal 26 Januari 1963 yang saat ini umurnya kurang lebih sekitar 49 tahun adalah seorang sosok pelatih sepak bola yang profesional namun juga kontroversial.( saat catatan ini ditlis Mou adalah pelatih Real Madrid)

Mourinho termasuk salah satu dari sekian pelatih terbaik dalam sejarah sepak bola didunia atas beberapa prestasi yang sudah diraihnya, 2 gelar liga champions dengan dua klub berbeda dan telah memenangi kompetisi di 4 negara telah ditorehkannya , tidak ayal lagi kemudian ada yang menyebutnya The Only One dan atau the special four.

selain itu Mou juga telah tiga kali dinobatkan sebagai pelatih terbaik dunia oleh International Federation of Football History And Statistics (2004, 2005, dan 2010) dan untuk menggenapi the Special Four nya Mourinho hanya membutuhkan satu gelar pelatih sepakbola terbaik dunia dan 2 lagi gelar liga champions. Itu kalau dia masih hidup dan atau sehat serta dapat menjalankan pekerjaannya.

Mourinho belajar kepelatihan di Lisboa dan meraih gelar sarjana dibidang ilmu olahraga dengan tesis mengenai metodologi persepak-bolaan. Ia kemudian dengan cepat beralih profesi mulai dari mengajar, melatih tim junior dan menjadi penerjemah untuk Sir Bobby Robson pada Sporting Lisbon, kemudian pindah menjadi asisten pelatih ketika mengikuti Robson pindah ke Porto dan Barcelona. Di Barcelona, Mou menjadi asisten Louis van Gaal, kemudian tahun 2000 ia kembali ke Lisboa dan melatih Benfica.

Mou dikenal dengan komentar-komentarnya yang teramat sangat tajam dan sangat kontroversial. khususnya saat berada di Chelsea tahun 2004 yang kemudian menyebut dirinya sebagai (The Special One). Ditambah lagi dengan penampilan yang bergaya "bintang", kerap menjadikannya sasaran para pemburu berita dan menjadi perbincangan dihalaman utama. Profilnya juga menjadi penghuni patung lilin di Museum Madame Tussaud di London.

Mou tidak hanya terkenal sebagai pelatih handal dengan kepribadian yang kuat dan mampu menanamkan mental kepada setiap tim yang dilatihnya namun juga dikenal dengan biang kontroversi dan biang piala. Meskipun strategi yang diterapkannya seringkali mendapat kritikan karena memainkan sepak-bola negatif / bertahan ...? 

"Ini mah pendapat orang yang tidak suka karena melihat tayangan Barcelona melawan Inter Milan di Liga Champions coba liat secara keseluruhan, dimusim ini saja jumlah produktivitas gol Real Madrid jauh dari Barcelona"

Mou adalah jaminan prestasi yang cukup sahih dengan keberhasilannya merebut dan mempersembahkan empat trofi domestik di empat negara berbeda. Mou adalah Mou tidak bisa jika kemudian Mou disuruh menjadi Pep Guardiola atau Arsene Wenger dan bahkan Sir Alex Fergusen. 

Mou The Special One
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Tatacara Shalat | Renungan Al Quran | Istighfar
Copyright © 2011. Diary - All Rights Reserved
Template Modify by Terjemah Al Quran
Proudly powered by Blogger