Catatan Terbaru :
Home » , , , , » Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit Listrik Tenaga Surya

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Jika anda berpikiran / mempunyai rencana ingin mengkonversi penggunaan energy yang ada saat ini ke energi alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti tenaga surya, salah satu cara sederhana adalah dengan sistem menginstal tenaga surya di rumah Anda.

Tenaga surya adalah solusi yang sangat layak saat ini dan lebih ramah lingkungan meskipun pada instalasi awalnya akan membutuhkan dana yang lebih besar namun dengan membangun sistem tenaga surya sendiri untuk rumah anda akan banyak sekali mengurangi pengeluaran anda setiap bulan jika dibandingkan dengan tetap bertahan dengan yang ada saat ini. 

Anda dapat menginstal tenaga surya sendiri dengan bimbingan dari instruktur yang ada ditempat anda membeli solar panel dan dengan membangun / menginstal sendiri anda akan dapat mengambil keuntungan di kemudian hari dengan tidak lagi memanggil instalatir dari perusahaan tempat anda membeli solar panel. selain itu setelah anda menggunakan energi hijau yang terbarukan dengan beralih kepada penggunaan energy matahari anda akan dapat lebih mengirit pengeluaran bulanan.

Membuat / menginstal energy yang ramah ligkungan dirumah anda dengan sistem energy matahari /  sistem tenaga surya dapat dilakukan dengan beberapa bentuk yang berbeda, anda dapat mempertimbangkan mulai yang terkecil dengan komponen sederhana untuk solusi energi dirumah anda saat ini atau anda mungkin mempertimbangkan membangun panel surya yang cukup dan membuat rumah anda benar-benar off grid untuk selamanya.

Solusi energi surya akan melibatkan salah satu hal berikut. dua yang pertama pada daftar di bawah ini sangat mudah untuk dilakukan peningkatan - yang berarti anda bisa mulai dengan satu panel surya dan menambah panel pada waktu lainnya. # 3 dan # 4 harus dihitung dan dianalisis terlebih dahulu sehingga anda dapat membangun sistem tenaga surya anda untuk menangani semua kebutuhan energi rumah anda dari awal. Berikut adalah 4 jenis sistem energy matahari / panel surya untuk rumah yang bisa anda pergunakan :

1. Pengkabelan langsung - Dengan solusi kabel langsung anda akan menghubungkan kawat panel surya anda langsung ke inverter (inverter akan mengubah daya dari DC ke AC), kemudian dari inverter ke rumah anda.

2. Grid Terikat tanpa Baterai Cadangan - Sebuah solusi jaringan terikat tanpa baterai cadangan memungkinkan anda untuk mengganti sistem tenaga anda saat ini dengan solusi energi tenaga surya, dan masih akan memungkinkan anda untuk menarik listrik dari grid. Pada hari-hari ketika anda menghasilkan tenaga lebih dari yang anda butuhkan, energi tambahan dari panel anda kembali ke dalam grid, dan pada hari-hari ketika anda membutuhkan sedikit tambahan anda dapat menarik daya tambahan dari jaringan listrik.

3. Grid Terikat dengan Baterai Cadangan - Sebuah sistem grid terikat dengan cadangan baterai adalah solusi yang memungkinkan anda masih bisa menarik listrik dari grid, tetapi anda juga memiliki cadangan yang tersimpat dengan baterai sehingga anda akan dapat menyimpan daya ketika anda mendapatkan tenaga yang lebih untuk 2 atau 3 hari, dan dalam banyak kasus anda tidak akan harus menarik daya dari jaringan listrik. Ini akan menjadi hal yang paling bagus untuk off-grid energi tanpa harus mempergunakan jaringan listrik.

4. Off Grid Solar Power Systems adalah sebuah sistem grid off yang terbaik untuk daerah pedesaan. Jika anda tinggal di area yang ada harus memiliki cadangan baterai, dan anda juga harus memiliki solusi daya cadangan seperti generator maka pilihan ke-empat ini adalah yang terbaik, seperti kebanyak orang yang tinggal di daerah pedesaan juga menggunakan turbin angin untuk melengkapi kebutuhan energi mereka bersama dengan energy matahari.

Jika anda memutuskan untuk memanfaatkan sistem energy matahari maka pilihlah salah satu grid yang menurut anda paling memuaskan dan sesuai dengan kebutuhan jika anda ingin memiliki sumber energi yang independen , banyak orang hari ini yang telah mengambil keuntungan dari tenaga surya dan telah benar-benar independen dalam menghasilkan energi untuk rumah mereka dan bebas dari perusahaan listrik.

Jangan khawatir tidak bisa menginstal / mempergunakan panel surya karena ada panduan dan pengajaran tentang bagaimana membangun sistem energy surya secara mandiri jika anda memutuskan untuk beralih kepada energy yang lebih ramah lingkungan dan yang pasti anda akan menghemat Jutaan Rupiah dengan beralih ke pemanfaatan energy surya dalam memasok / memenuhi kebutuhan listrik rumah anda.
Share this article :

+ komentar + 1 comment

Anonymous
May 30, 2012 at 4:43 AM

emang gak mahal?

Post a Comment

 
Support : Tatacara Shalat | Renungan Al Quran | Istighfar
Copyright © 2011. Diary - All Rights Reserved
Template Modify by Terjemah Al Quran
Proudly powered by Blogger